Pemkot Medan Hentikan Penghancuran Vila

Masyarakat dari berbagai kalangan menolak penghancuran gedung vila kembar yang berada di Jalan Diponegoro, Medan. Penghancuran gedung tersebut berarti turut menghilangkan identitas Kota Medan. Mereka menuding eksekutif sengaja membiarkan penghancuran ini terjadi.

Vila kembar ini merupakan perumahan perkebunan pertama yang ada di Medan. Bangunan ini berada dalam satu kawasan pusat kota. “Namun penghancuran malah dibiarkan oleh pemerintah,” kata Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sumatera Utara, Ahmad Deliarnur, Minggu (25/10) saat bersama elemen warga lain menduduki gedung tersebut.

IAI bersama elemen lain seperti Badan Warisan Sumatera (BWS), Pusat Studi Ilmu Sosial dan Ilmu Sejarah (Pussis) Universitas Negeri Medan (Unimed), dan seniman menduduki bangunan yang tengah dihancurkan tersebut. Pendudukan berlangsung mulai 13.00 sampai 13.30. Tidak ada insiden saat pendudukan meski kuli bangunan yang menghancurkan gedung ada di lokasi. Belasan elemen masyarakat tersebut lantas membentangkan poster keprihatinan di lokasi gedung yang hancur.

Vila kembar merupakan bangunan kembar berjumlah empat berderet di Jalan Diponegoro Medan mulai dari nomor 6, 8, 10, hingga 12. Dua dari empat bangunan tengah dihancurkan untuk pembangunan hotel yaitu bangunan nomor 8 dan 10 . Akhir pekan lalu hanya satu bangunan yang telah hancur. Namun penghancuran terus berlangsung meski memasuki akhir pekan. Penghancuran gedung ini dilakukan oleh belasan orang. Tidak hanya gedung yang hancur, pepohonan rindang di sekitar vila juga hancur.

Berdasarkan data IAI Sumut, bangunan itu telah ada dalam peta Medan tahun 1890. Arsitektur bangunan tersebut bergaya Melayu, yang terlihat dalam bentuk atap bertingkat dua. Pintu masuk ke bangunan dibentuk kolom, yang didukung empat pilar. Hanya satu dari empat bangunan ini yang terawat baik, yaitu bangunan nomor 12, yang ditempati oleh Bank Commonwealth.

Sumber-Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: