Seminar dan Bedah Buku KETIKA SEJARAH BERSERAGAM

Seminar dan Bedah Buku KETIKA SEJARAH BERSERAGAM: MEMBONGKAR IDEOLOGI MILITER DALAM MENYUSUN SEJARAH INDONESIA

Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial bekerjasama dengan Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Medan menyelenggarakan acara Seminar dan Bedah Buku Ketika Sejarah Berseragam, Membongkar Ideologi Militer dalam Menyusun Sejarah Indonesia. pada tanggal 12 September 2008 di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Ini merupakan hasil dari desertasi Dr. Katerine McGregor yang berasal dari Melbourne University-Australia. Dari hasil Seminar dan Bedah Buku tersebut diketahui bahwa secara keseluruhan buku itu menceritakan tentang negara Indonesia dibangun pada masa Orde Baru. Menariknya buku ini membongkar institusi militer indonesia yang selama masa orde baru sangat sensitif untuk bisa dikritisi. Ternyata ABRI saat itu telah membangun sebuah “dongeng, mitos” hampir ke seluruh lini kehidupan, melalui pendidikan, pers, televisi, dan museum. Selain rasa nasionalisme Indonesia terbangun, pikiran membodohkan mengikutinya. Hasilnya, manusia Indonesia sulit berbeda pendapat, kita dididik untuk selalu sama, satu komando: ciri khas militeristik.

Upaya rekayasa sejarah yang dilakukan pemerintah Orde Baru telah berlangsung sejak awal berdirinya rezim sampai jatuhnya Soeharto. Dalam hal ini Nugroho Notosusanto (dan Pusat Sejarah ABRI) berperan besar. Aspek ini sudah pernah disinggung antara lain dalam disertasi dan artikel Katharine E. McGregor.

Menurut McGregor, terdapat tiga proyek utama Nugroho Notosusanto yaitu 1) Sejarah percobaan kudeta 1965, 2) De-Soekarnoisasi antara lain melalui teori tentang lahirnya Pancasila, 3) Mengangkat citra sejarah militer misalnya melalui Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa. Untuk keperluan itu selain dari penulisan Sejarah Nasional Indonesia, juga dibangun beberapa museum dan monumen bersejarah beserta dioramanya di samping pembuatan berbagai film.

Makalah Seminar dan Bedah Buku dengan judul

MILITERISASI SEJARAH INDONESIA: PERAN NASUTION oleh Dr. Asvi Warman Adam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: